RSS

Hukuman Penyaliban

18 Jan

Penyaliban merupakan salah satu bentuk eksekusi yang terkejam yang pernah ada di dunia. Esensi dari penyaliban bukanlah kematian itu sendiri, melainkan penderitaan saat menjelang kematian. Dengan demikian, kematian merupakan suatu hal yang sangat diinginkan oleh orang yang disalib.
Berbeda dengan cara eksekusi terpidana mati pada masa sekarang, proses penyaliban memerlukan waktu yang relatif lama sehingga saat-saat penderitaanpun terasa sangat berat. Bandingkan hukuman gantung, kursi listrik, suntikan mati, kamar gas, tembak mati, pancung, dsb. yang hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja menjelang kematian dengan penyaliban yang kadang-kadang membutuhkan waktu berjam-jam.

Daftar isi
• 1 Kebudayaan menyalib
• 2 Tata cara penyaliban
• 3 Pandangan Orang Yahudi atas penyaliban
• 4 Pandangan Kristen atas penyaliban

Kebudayaan menyalib
Penyaliban adalah salah satu bentuk hukuman yang diterapkan dalam kekaisaran Romawi, dan orang yang paling terkenal karena hukuman salib oleh pemerintah Romawi adalah Yesus. Pada zaman Yesus para pemberontak dan pelaku kriminal dihukum dengan cara disalib.

Tata cara penyaliban
Kedua tangan mereka biasa diikat dan kaki mereka diberi pijakan kayu dan mereka dijemur panas matahari dan menjadi tontonan orang-orang sebagai peringatan. Namun penyaliban Yesus seringkali dilukiskan kedua tangan dan kedua kaki Yesus dipakukan, yang menyebabkan Yesus kehilangan banyak darah ditambah dengan dijemur matahari.

Pandangan Orang Yahudi atas penyaliban
Selain itu dalam adat istiadat Yahudi, ada tertulis bahwa terkutuklah orang yang digantung di atas pohon (kayu atau balok kayu), sehingga hingga saat ini banyak orang Yahudi yang menganggap Yesus mati secara terkutuk.

Pandangan Kristen atas penyaliban
Dalam agama Kristen Yesus disalib untuk menebus dosa manusia, melalui Dia yang disalib, manusia yang berdosa digantikan atau ditebus dari penghukuman, sehingga semua dosa yang telah dilakukan digantikan melalui pengorbanan-Nya.

 
2 Comments

Posted by on January 18, 2010 in macam-macam jenis eksekusi

 

2 responses to “Hukuman Penyaliban

  1. jendelakatatiti

    January 18, 2010 at 3:39 pm

    Ngeri sekali! Penulis setuju dengan pendapat yang mana ttg hukum salib? jendelakatatiti.wordpress.com

     
    • yayabahtiar

      January 18, 2010 at 4:29 pm

      law saya pribadi seh “stuju” KARENA huk tersebut sangat efektif,karena efek jeranya sangat besar karena dlm “eksekusi huk salib” banyak org yg bisa menyaksikan org tersebut di salib bahkan jadi tontonan org banyak APA LAGI LAW HUKUMAN SALIB ITU DI TERAPKAN DI INDONESIA bisa bayangin lw huk trsebut ada di indonesia… mungkin akan banyak org tersalib KARENA BANYAK KORUPTOR.!!!! yg perlu di tindak tegas.!!!
      dan mnurut saya law mnilai suatu BENTUK EKSEKUSI JGN DILIHAT DARI KEKEJAMAN bntuk eksekusi tersebut, tapi dilihat dari efek yg bisa mnimbulkan jera. Jadi org yg akan berbuat kjahatan berkurang,JANGAN CUMA DI PENJARA SEDANGAKAN DI PENJARA JUGA MASI BISA MNIKMATI FASILITAS MEWAH!!!!! Y klw bgitu para koruptor di negeri ini g akan jera.

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: